Jumat Ba Curhat Polsek Sibar : "Gerakan Semangat Untuk Melayani, Bertindak Untuk Melindungi."




Oleh Sugeng Sjamsuri

Sitaro, jurnaliswarga62.blogspot.com -Kegiatan Jumat Ba Curhat adalah kegiatan kreatifitas Polsek Siau Barat Polres Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro sebagai wujud penjabaran program Kapolda Sulut dengan slogan "Gerakan Semangat Untuk Melayani, Bertindak Untuk Melindungi."

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari jumat oleh Polsek Siau Barat di wilayah tugasnya yang meliputi Kecamatan Siau Barat Selatan, Kecamatan Siau Barat, Kecamatan Siau Barat Utara dan Kecamatan Siau Tengah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Terpantau pada hari Jumat, 17 Maret 2023 sekira pukul 09.00 wita, berlokasi di Musholla Al Iklas Paniki Kelurahan Paniki Kecamatan Siau Barat, Polsek Siau Barat Polres Kabupaten Kepulauan Sitaro kembali melaksanakan Giat Jumat Ba Curhat.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk non formal yaitu duduk bersama saling berhadapan, dengan maksud menghindari kesan formal yang kaku agar terciptanya suasana keakraban untuk saling terbuka dalam menyampaikan informasi dan curhatan. 

Turut hadir dalam giat tersebut Kapolsek Siau Barat AKP Novrianto Sadia, S.Sos, SH; Ketua BTM Mushola Al Iklas Bapak Suratno Lumadja; Imam Mushola Al Iklas Bapak Maryono; Ketua Idaroh Bapak Giman; Guru Mengaji Suhari Palakum; Jamaah Mushola Al Iklas Bapak Ngadiman; Kasie Humas Polsek Siau Barat AIPDA Donal Kahagi; Panit Opsnal Intelkam Polsek Siau Barat AIPDA Gansfort Majampoh; Banit Humas Polsek Siau Barat Bripda Rafi Lahengking dan Humas Maesa'an Waya Lovers Sulut (MWLS) Sitaro / Korwil Siau Sugeng Sjamsuri, S.IP.

Adapun tujuan dilaksanakannya giat dimaksud adalah mendengarkan keluhan, Uneg-uneg dan masukan dari masyarakat terkait dengan situasi Kamtibmas yang ada di wilayah tugas Polsek Siau Barat bahkan terkait kemajuan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Rangkaian kegiatan Jumat Ba Curhat dimulai dengan sapaan dan penyampaian oleh Kapolsek Siau Barat mengenai maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada warga / jamaah yang hadir untuk memberikan masukan, menyampaikan keluhan, membagi informasi dan nantinya ditanggapi oleh Kapolsek Siau Barat.

Beberapa poin yang dibicarakan dalam Jumat Ba Curhat yakni :
1. Terkait pelaksanaan puasa yang tidak lama lagi, pihak Polsek Siau Barat akan melaksanakan pengamanan selama bulan puasa, Sholat tarawih dan pada saat malam takbiran;
2. Terkait rencana kunjungan Kapolda Sulut ke Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dalam rangka peresmian Mapolres Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, sebagai antisipasi Kapolda akan melaksanakan sholat di mushola, maka pihak Polsek Siau Barat bersama Jamaah akan melakukan kerja bakti bersama diseputaran lokasi;
3. Apresiasi terhadap kinerja Polres Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro melalui Satlantas karena sangat aktif dan gencar melakukan penertiban lalu lintas sehingga ada perubahan yang signifikan.

Kegiatan berlangsung dengan tertib, lancar, aman dan berakhir sekira pukul 10.00 wita.

Komentar