Karangetang Erupsi, 21 Hari Topangan Pemerintah Terus Ada Bagi Warga Terdampak.



Sitaro, -jurnaliswarga62-  Terhitung sejak Rabu, 15 Februari 2023 sebagian warga masyarakat yang bermukim dilingkungan III RT 2 dan lingkungan II RT 2 (tempat bernama Kora-kora dan Kulu) tepatnya di Kelurahan Bebali Kecamatan Siau Timur, oleh pemerintah setempat dievakuasi sementara ke Gedung Museum Ulu Siau yang berlokasi di Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur. 
Warga diungsikan sebagai antisipasi dampak erupsi Gunungapi Karangetang yang terus meningkat sejak beberapa waktu sebelumnya.
Terhitung sudah 21 hari di lokasi pengungsian, warga masyarakat tetap ada dalam topangan pemerintah. Hal ini dibuktikan sejak hari pertama telah dibuka dapur umum, penyediaan air bersih, pemeriksaan kesehatan, pemenuhan kebutuhan dasar warga serta topangan dalam bentuk penguatan iman melalui pendampingan ibadah bersama setiap malam, yang secara bergilir dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Selasa, 7 Maret 2023 terpantau oleh jurnaliswarga62.blogspot.com sebanyak empat (4) OPD masing-masing :
1. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan; 
2. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB;
3. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
4. Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah.
Terjadwal melakukan pendampingan ibadah dengan warga masyarakat.

Ibadah tersebut dipimpin oleh Pdt. D. L. Tampilang, S.Th dan berlangsung penuh khidmat, tertib dan lancar. 

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro turut memberikan kata-kata penguatan bagi warga pengungsi.(SS)



Komentar