Giat GMIST Bethabara Paseng Menyambut Paskah, Di Usianya Membilang 455 Tahun



Sitaro, -jurnaliswarga62-
Semangat menyambut paskah di jemaat GMIST Bethabara Paseng tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan. 

Sesuai informasi yang disampaikan oleh Ketua BPH Majelis Jemaat GMIST Bethabara Paseng periode 1996-2011, Bapak Hofni Bansaleng, S.Pd, sebagai jemaat pertama masuknya Injil di wilayah Nusa Utara sekira tahun 1568 oleh Pater Pedro Mascarenhas, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi GMIST Bethabara Paseng dalam menyambut perayaan paskah di tahun ini.

"Paseng adalah wilayah pertama di Nusa Utara yang didatangi para padri dalam memberitakan Injil, sekira tahun 1568 ada seorang Pater bernama Pedro Mascarenhas yang datang dalam misi pekabaran Injil dan tahun itulah yang jadi dasar berdirinya jemaat GMIST Bethabara Paseng hingga saat ini," ungkapnya ketika ditemui dirumahnya pada Rabu, 5 April 2023.

Terpantau Rabu (5/4/2023) di Kelurahan Paseng Kecamatan Siau Barat, warga jemaat GMIST Bethabara Paseng mulai dari KRT Agape, yang berlokasi di seputaran Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Sitaro, sampai KRT Sawang di batas Kelurahan Paseng dan Kampung Bumbiha, begitu antusiasnya membuat taman paskah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dari Ketua Pembangunan Gedung Jemaat GMIST Bethabara Paseng, (juga sebagai mantan Wawulao Kampung Paseng, sebelum diubah statusnya menjadi Kelurahan Paseng, Red) Ibu Floni Hender, pembuatan taman paskah merupakan program kegiatan pelayanan kategorial anak jemaat, dan pengerjaannya telah dimulai sejak Senin (3/4/2023). 

"Taman paskah ini adalah program dari Pelka Anak baik dari KRT (kelompok rumah tangga) Agape sampai KRT Sawang, dan pembuatannya sudah mulai sejak senin," ucapnya ketika ditemui disela-sela pembuatan taman paskah di KRT Bahoi.

Menurutnya juga, taman paskah tersebut akan dilombakan dan untuk penilaiannya nanti dilakukan pada Minggu (9/4/2023) sore.

"Untuk taman paskah ini, akan dilombakan dan nanti penilaiannya akan dilakukan pada Minggu, 9 April 2023 sore," ucapnya lagi.

Dalam usia yang membilang 455 tahun, jemaat GMIST Bethabara Paseng tetap semangat dalam mengadakan berbagai kegiatan untuk menyambut paskah.

Sesuai pantauan, di sepanjang jalan raya Kelurahan Paseng, telah terpasang bendera hias di depan rumah warga, guna menyambut perayaan paskah tahun 2023.(SS)

Komentar