Kabupaten Kepulauan Sitaro Siap Gelar Pilkades 2023 : Tahapan Sudah Dimulai



Sitaro, -jurnaliswarga62- Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2023, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro sudah dimulai, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Marlon Dalentang, S.Sos ketika ditemui Rabu (12/4), di kantornya.

"Tahapan Pilkades 2023, untuk panitia kampung (desa, Red) sudah dibentuk, dan sudah dilaksanakan bimbingan teknis," katanya

Untuk saat ini sudah masuk tahapan pengumuman lowongan jabatan kepala desa dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Untuk sekarang tahapan pengumuman lowongan jabatan Kapitalau (kepala desa, Red) sekaligus sosialisasi kepada masyarakat tentang syarat bagaimana mengikuti pencalonan, dari tanggal 8 sampai tanggal 17 bulan ini," ujarnya lagi.

Masih menurutnya, pelaksanaan pemilihan / pemungutan suara nanti dilaksanakan bulan Juli 2023. 

"Untuk rencana pelaksanaan pemilihan, pemungutan suara nanti tanggal 20 Juli tahun ini," sambungnya lagi.

Menjawab pertanyaan mengenai dasar aturan yang digunakan dalam pelaksanaan tahapan pilkades, Marlon sapaan akrabnya mengatakan, tentunya berdasarkan pada aturan yang terkait dibidang desa.

"Dasar aturannya tentu yang pertama UU Nomor 6 Tahun 2014, ada PP Nomor 43 Tahun 2014, kemudian Permendagri 112 Tahun 2014 dan terakhir Permendagri 65 tahun 2017," ucapnya.

selanjutnya untuk desa yang akan menggelar pemilihan tahun ini, menurut keterangannya berjumlah 14 dan semuanya ada di Siau.

"Tahun ini ada 14 desa yang melaksanakan pemilihan, kebetulan semuanya di Siau. Di Siau Barat Utara, 1 kampung (desa, Red); Siau Barat, 1 kampung; Siau Tengah, 1 kampung; Siau Barat Selatan, 3 kampung; Siau Timur, 2 kampung; dan Siau Timur Selatan, 6 kampung," ungkapnya.

Ketika disentil mengenai alokasi anggaran terkait pelaksanaan Pilkades di 14 desa, ia menyampaikan kalau sudah dianggarkan dan masuk pada APBD Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Kalau anggaran, dengan adanya undang-undang nomor 6 tahun 2014, maka dianggarkan pada APBD dalam hal ini melekat di Dinas PMD," pungkasnya. (SS)

Komentar