Dugaan Pegawai Sering Meninggalkan Tempat Bertugas Pada Hari Kerja


Sitaro, -jurnaliswarga62- Dengan tersedianya moda transportasi laut yang telah setiap hari melayani rute Siau-Tagulandang-Manado Pulang-pergi, tentunya berdampak positif bagi peningkatan ekonomi warga masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sebagaimana terpantau di Pelabuhan Ulu Siau, Selasa (13/6/2023) sore ada dua armada kapal yang diberangkatkan dari Siau dengan rute Tagulandang - Manado yakni KM. Gregorius dan KM. Marina Bay.

Animo masyarakat terbilang sangat tinggi karena menurut pantauan, untuk tiket ranjang terjual sekira 85 % dari Siau ke Manado, dan untuk penggunaan kamar mencapai sekira 75 % di kedua Kapal tersebut.

Namun dengan tersedianya kapal setiap hari di Kabupaten Kepulauan Sitaro, muncul pula dugaan adanya Pegawai yang menggunakan kesempatan tersebut untuk meninggalkan tempat bertugas pada hari-hari kerja.

Sebagaimana informasi yang diperoleh, diduga ada pegawai yang setiap minggunya berangkat ke Manado pada hari yang sama yakni jika tidak pada hari Rabu, nanti pada hari Kamis.

Hal ini jika benar demikian, tentunya akan berdampak kurang baik pada tingkat kedisiplinan serta menimbulkan rasa cemburu bagi pegawai yang lain. 

Ditengah giat-giatnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro meningkatkan kedisiplinan dan kinerja pegawai, yang mana terhitung tahun 2023 untuk indikator pemberian TPP bagi pegawai menggunakan rumus 60 % produktivitas kinerja dan 40 % kehadiran, justru muncul dugaan ada pegawai yang sering berangkat ke Manado justru di hari kerja. 

Tentunya untuk lebih memastikan hal ini, diharapkan instansi teknis terkait perlu melakukan sidak di pelabuhan pada hari-hari kapal, agar dapat termonitor apakah pegawai berangkat karena penugasan pimpinan, izin untuk urusan keluarga atau hal lainnya.(SS)

Komentar