Persiapan Rambah Pangsa Pasar Manado, Disperindagnaker Kabupaten Sitaro Gelar Sosialisasi PIRT Untuk 25 IKM


Sitaro, -jurnaliswarga62- Dalam rangka pengembangan IKM dan perluasan akses pasar, maka Dinas Perindagnaker Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Bidang Perindustrian melakukan giat sosialisasi tentang Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), pada Rabu (7/6/2023) sekira pukul 09.00 Wita bertempat diruang rapat Kantor Dinas Perindagnaker.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kegiatan dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kepulauan Sitaro Dr. Agus Tony Poputra, SE. MM. MA. Ak yang juga selaku Plt. Kepala Dinas Perindagnaker, didampingi Kabid Perindustrian Ronny Sidabutar, SE.

Adapun materi yang diberikan dalam sosialisasi tersebut yakni terkait keamanan pangan yang disampaikan oleh pihak Dinas Kesehatan, serta terkait legalitas izin PIRT yang dibawakan oleh pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Pelaksanaan giat sosialisasi ini merupakan program kerja Dinas Perindagnaker tahun 2023, dengan maksud mendukung program IKM naik kelas di Kabupaten Sitaro melalui fasilitasi pembuatan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)," ucap Kabid Perindustrian Ronny Sidabutar, SE di sela-sela berlangsungnya sosialisasi.

Masih menurutnya, "sosialisasi saat ini dilakukan secara bertahap untuk 25 IKM yang produknya tersedia di Kedai Mahoro, dan diharapkan sebagai persiapan untuk merambah pangsa pasar yang ada di Manado," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini ada sebanyak 6 IKM yakni : IKM Mey-Mey, Uje Lalua, Claudya, Charly, Pemuda Sakti dan Cinta Ole-ole Siau yang saat ini berhasil masuk dalam pangsa pasar di Manado, dengan merambah 5 Toko / Swalayan yakni : Jumbo, Freshmart, Toko Ole-ole Christine Tikala, Toko Ole-ole Oma Yuli Bandara serta Toko Ole-ole Kawanua Tikala. (SS)

Komentar