Polres Kepulauan Sitaro Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


Sitaro, -jurnaliswarga62- Dalam rangka memperingati moment bersejarah 78 tahun yang silam, tepatnya pada 1 Juni 1945, Polres Kepulauan Sitaro melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, pada Kamis (1/6/2023) bertempat di Lapangan Upacara Mapolres Sitaro, sekira pukul 07.30 Wita.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Iwan Permadi SE, dan sebagai komandan upacara adalah IPDA T. Riyanto, dengan perwira upacara AKP Sahroni, S.IP, sedangkan yang bertugas sebagai pembaca teks UUD 1945 adalah Bripda Iqbal Nugroho.

Dalam amanat Presiden yang dibaca oleh Kapolres, ada Point-point penting yang ditekankan yakni "Pancasila Bukanlah Wacana Belaka, melainkan Realitas objektif, dengan legitimasi kuat, baik secara filsafat, politis, historis, maupun cultural. Hari Lahir Pancasila memiliki Makna Bagi Rakyat dan Bangsa Indonesia, Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar Negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari," Ucapnya.

"Tahun depan kita juga akan menghadapi Pesta Demokrasi serentak melalui Penyelenggaraan Pemilu 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa, bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur aman dan damai. setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersandikan Nilai-nilai Pancasila, sebagaimana kata Bung Karno bahwa, Nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya," sambungnya lagi.

"Peringatan hari Lahir Pancasila tahun ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote, semoga Indonesia menjadi Bangsa yang besar disegani dunia, tanpa kehilangan jati dirinya PANCASILA," tutupnya.

Turut hadir pada upacara dimaksud, Kapolres Kep. Sitaro, AKBP. Iwan Permadi SE, para PJU Polres Kepulauan Sitaro, para Kasat jajaran Polres Kep. Sitaro, para Kasie jajaran Polres Kep. Sitaro, para Perwira/Pa Perwira Polres Kep. Sitaro, Kapolsek Siau Timur, Personil Polres Kep. Sitaro, Personil Polsek Siau Barat serta Personil Polsek Siau Timur. (SS)



Komentar