Meriahkan HUT Bhayangkara Ke 77 : "MWLS Apresiasi Berbagai Program Polda Sulut"



Manado, -jurnaliswarga62- Puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada Sabtu (1/7/2023), turut dimeriahkan oleh Perkumpulan Maesa'an Waya Lovers Sulut (MWLS) yang merupakan gabungan dari warga masyarakat Sulawesi Utara.

Sebagai "Pelopor Kamtibmas", mereka tampak antusias memeriahkan HUT Polri dengan mengenakan atribut lengkap bertema Hari Bhayangkara ke 77. 

Kreatifitas mereka sebagai mata dan telinga aparat penegak hukum dalam menginformasikan situasi kamtibmas di wilayah masing-masing, terus berkolaborasi dengan pihak Polda Sulut beserta Polres / Poresta Jajaran dan sampai ke tingkat Polsek yang ada.

Yance Sumerah sebagai Ketua umum Perkumpulan Maesa'an Waya Lovers Sulut (MWLS), dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa "Dengan adanya 40 ribu anggota MWLS, maka kami warga Sulut siap selalu berpartisipatif demi menjaga situasi Kamtibmas di Sulut tetap aman dan damai," ucapnya.

Menurutnya juga "Kami mengapresiasi kinerja Tim Resmob, baik di jajaran Polda, Polres / Polresta bahkan sampai ke tingkat Polsek, karena telah berupaya memberikan rasa aman bagi warga Sulawesi Utara. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H serta buat Bapak Pembina MWLS Kombes Pol Gani F. Siahaan, S.I.K., M.H selaku Dirreskrimum Polda Sulut, yang selalu membina kami (MWLS) dalam mensupport berbagai kegiatan Polri untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat," lanjutnya.

"Terima kasih juga buat para PJU Polda Sulut dan jajaran Polres / Polresta yang mempunyai fasilitas grup WA sebagai wadah informasi terkait perkembangan situasi Kamtibmas dimasing-masing wilayah, yang sangat responsif," ujarnya.

"Di media sosial, terdapat program "netizen jurnalism" serta "Troops" yang jika diperlukan ada dalam satu komando untuk melakukan "report tack down", sebagai respon cepat dari bapak Kapolda Sulut dalam menanggapi laporan langsung dari Kami," ungkap Sumerah.

Dalam kesempatan yang sama, beberapa pengurus yang turut mendampinginya pun tak lupa memberikan dukungan melalui pesan dan harapan bagi Polri di Hari Bhayangkara ke 77 kali ini.

Deki Pesik sebagai wakil ketua umum MWLS, mengaku sangat bersemangat di puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-77 ini, dan selalu siap berkolaborasi dengan Polri dalam giat Kamtibmas Kedepannya.

Sedangkan Sekeretaris MWLS, Vallen Masengie mengucapkan "Terima kasih kepada Kapolda Sulut, dimana kami selalu mendukung program Polri seperti kegiatan Jumat Curhat dalam menyerap informasi, serta memberikan Pembinaan Kamtibmas yang dilaksanakan oleh Jajaran Polsek dan Babinkamtibmas di masing-masing Desa Binaan," ucapnya.

Bagi Zusanny Sodanding, sebagai pengurus MWLS Kota Manado turut menghimbau kepada warga yang tergabung di MWLS, agar selalu peka terhadap perkembangan wilayahnya, serta selalu mewaspadai situasi di desa atau kelurahan tersebut, jika ada informasi yang perlu disampaikan, bisa diteruskan ke Bhabinkamtibmas atau jajaran Polsek setempat," ungkapnya sebagai wujud dukungan kepada institusi Polri di Hari Bhayangkara ke 77 kali ini.

Bagi Andro M Kawengian SE, selaku Ketua 2 DPP MWLS mengucapkan "Selamat HUT Bhayangkara ke-77 Kepolisian Republik Indonesia 1 Juli 2023. Sesuai dengan tupoksi jabatan, saya menghimbau kepada anggota MWLS dan warga, apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan agar segera menghubungi pihak Kepolisian khususnya kita selaku relawan pelopor penjaga keamanan di wilayah masing-masing," himbaunya dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke 77.

Novri Manawan selaku Pengurus DPP MWLS tak lupa memberikan pernyataan "Bahwa hal Keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak Kepolisian, namun kita juga selaku masyarakat turut bertanggung jawab terhadap linngkungan dimana berada, karena itu mari kita tetap bersinergi," jelasnya.

Di tempat terpisah, Fredy Situmeang SH (Pengurus MWLS ) menyampaikan "dengan adanya partisipasi aktif dari warga terkait keamanan dan ketertiban, maka dapat mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan bahkan dapat menangkal segala bentuk tindak kriminal yang mungkin akan terjadi," katanya.

Sedangkan menurut Farno Kadir selaku pimpinan Dewan Perwakilan Pusat MWLS, terus berharap "kiranya program Jumat Curhat tetap terus digalakkan, serta diharapkan kerja sama yang baik dengan masyarakat terus terbina, sehingga dapat mempersempit peristiwa kejahatan di wilayah hukum setempat," ujarnya. (SS)


Sumber : Ketua Umum MWLS

Komentar