Badan Pangan Nasional Melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulut Sukses Laksanakan Gerakan Pangan Murah Di Kabupaten Kepulauan Sitaro


Sitaro, -jurnaliswarga62- Badan Pangan Nasional melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara sukses melaksanakan Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Kepulauan Sitaro. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (2/11/2023) berlokasi di depan Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sesuai pantauan dilapangan, giat ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sitaro Drs. Joi E. B Oroh sekira pukul 10.00 Wita dengan didampingi beberapa pejabat teras.

Dalam sambutan singkatnya, Pj Bupati menyampaikan "giat hari ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat ditengah situasi beberapa harga bahan pokok sedang naik. Giat ini pun sebagai salah satu wujud keberpihakan pemerintah pada warga masyarakat dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan dalam rangka pengendalian inflasi."

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kabid Ketahanan Pangan pada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sitaro, Vernando Pandawa, S.P yang berhasil ditemui ketika berada dilokasi Giat tersebut, menyampaikan bahwa "kegiatan ini rencananya dilaksanakan sehari, dan giat ini merupakan program Badan Pangan Nasional melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi yang bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sitaro. Selanjutnya kegiatan ini diperuntukkan bagi semua warga, dan sesuai data yang diperoleh sudah ada sekitar 300an warga yang mendaftarkan diri untuk menyukseskan program Gerakan Pangan Murah hari ini."

Sesuai komunikasi dengan pihak Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Utara, pak Jimmy Runtuwene (pelaksana) menyampaikan bahwa untuk giat hari ini stok yang disiapkan sebanyak :
1. Beras 5 Kg sebanyak 4 ton 
2. Telur ayam sebanyak 100 baki
3. Gula putih sebanyak 288 kilo
4. Minyak kelapa sebanyak 40 dos
5. Tomat sebanyak 3 kas (60 kilo)
6. Rica sebanyak 30 kilo
7. Bawang merah sebanyak 100 kilo, dan
8. Bawang putih sebanyak 100 kilo.

Sedangkan untuk harga masing-masing beberapa bahan di atas sebagai berikut :

Kegiatan Gerakan Pangan Murah ini, sangat bermanfaat bagi warga masyarakat yang ada, hal ini sebagaimana disampaikan oleh beberapa warga yang sedang antri untuk membeli. 

"sangat membantu masyarakat disaat beberapa harga bahan pokok sedang naik, ucap Krismanti warga Paseng Kecamatan Siau Barat" 

"Terima kasih kepada pemerintah karena boleh melakukan giat Gerakan Pangan Murah yang sangat membantu kami untuk memenuhi kebutuhan pokok yang ada, ucap Rini Sansevira, warga Bahu Kecamatan Siau Timur"

"Apresiasi kepada pemerintah melalui instansi terkait karena sangat peduli dengan warga masyarakat di wilayah Kepulauan, harapan giat seperti ini juga bisa terus dilakukan di waktu-waktu kedepannya, ucap Ratna Kawangung, warga Paniki Kecamatan Siau Barat." (SS)

Komentar