4 Capaian Luar Biasa Polri Dapat Sorotan Positif Menurut Survei Kompas


Jakarta, -jurnaliswarga62- Lembaga survei Litbang Kompas merilis hasil survei kepuasan publik terhadap kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dalam periode survei tatap muka, yang dimulai 22 Oktober hingga 15 November 2023, terdapat sebanyak 3.400 responden dari 34 provinsi yang ikut memberikan penilaian positif terhadap berbagai capaian Polri.

Dikutip dari detiknews, tim detikcom, Kamis (28/12/2023), 07.57 WIB, Berikut sejumlah capaian Polri berdasarkan penilaian responden pada survei Litbang Kompas.

1. Puas 87,8% Terhadap Kinerja Polri: Menurut Litbang Kompas, sekitar 87,8% responden menyatakan kepuasan terhadap kinerja Polri. Kepuasan tertinggi diraih dalam pelayanan publik, dengan sembilan dari sepuluh responden menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Polri.

2. Penegakan Hukum Dinilai Baik: 
Survei juga merekam kepuasan sekitar 76,2% publik terhadap penegakan hukum yang dilakukan oleh Polri. Meski mayoritas merasa puas, masih ada 20% responden yang memberikan penilaian tidak puas. Aspek proses administrasi laporan, keterbukaan informasi, dan hasil penyelesaian laporan juga dievaluasi.

3. Tugas Jaga Kamtibmas Puaskan 89% Publik: 
Dalam menjaga keamanan dan ketertiban, lebih dari 89% responden menyatakan kepuasan terhadap upaya Polri. Capaian ini menunjukkan dukungan yang kuat dari masyarakat terhadap peran Polri dalam menjaga stabilitas keamanan.

4. Mayoritas Puas terkait Pengaduan Masyarakat: 
Survei juga mencakup tanggapan terhadap pengaduan masyarakat. Mayoritas responden, sekitar 68,7%, menyatakan bahwa pengaduan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi. Namun, survei juga memberikan catatan untuk memperbaiki layanan pengaduan pelanggaran anggota Polri.

Apresiasi dari Berbagai Pihak:

Hasil survei ini mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat dan organisasi. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mendukung pengawasan melekat Polri dan mengukur kualitasnya melalui survei publik. PP Muhammadiyah juga memberikan penghargaan atas peningkatan kualitas layanan polisi.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Habiburokhman, menyatakan kebanggaannya atas capaian Polri, khususnya dalam sektor pelayanan kepada masyarakat. Meskipun hasil survei positif, masih ada catatan untuk terus meningkatkan layanan pengaduan pelanggaran anggota Polri.

Harapan Masa Depan:

Meskipun survei mencerminkan keberhasilan Polri, harapan masyarakat tetap tinggi untuk melihat kepolisian yang lebih humanis, melayani, profesional, dan netral, sesuai dengan semboyan dan program Presisi yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (SS)



Sumber dikutip dari:
https://news.detik.com/berita/d-7112021/4-capaian-polri-diungkap-di-rilis-akhir-tahun-tuai-apresiasi

Komentar