Survei Litbang Kompas: "Apresiasi Tinggi, 87,8% Publik Puas dengan Kinerja Polri dan Tantangan Pada Layanan Pengaduan"


Jakarta, -jurnaliswarga62- Apresiasi Tinggi dari Publik: Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Litbang Kompas menunjukkan bahwa kinerja Polri mendapatkan pujian besar dari masyarakat, dengan 87,8% responden menyatakan kepuasan terhadap layanan yang diberikan. 

Survei ini fokus pada implementasi pengawasan melekat (waskat) Polri di seluruh wilayah, dengan penelitian mencakup lima aspek waskat. Pelayanan publik Polri mendapat apresiasi tertinggi, diikuti oleh upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta penegakan hukum yang dinilai sangat positif oleh lebih dari 89% responden.

Survei masyarakat ini dilakukan secara tatap muka pada 22 Oktober hingga 15 November 2023. Survei yang dilakukan terhadap 100 responden untuk setiap wilayah polda, dengan total 3.400 responden ini menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat. Meskipun ada margin of error sekitar 8,22%, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat merasa puas terhadap kinerja Polri. 

Respons positif ini dianggap sebagai bukti komitmen Polri terhadap profesionalitas dan upaya pembenahan internal, termasuk pengawasan melekat.

Menariknya, survei juga menyoroti bagaimana masyarakat melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh Polisi.

Meskipun sebagian besar responden lebih memilih melaporkan langsung ke kantor polisi (68,7%), terdapat juga sekitar 16,8% responden yang memilih melaporkan melalui media sosial. 

Aspek layanan pengaduan juga menjadi fokus catatan, dengan sejumlah responden menginginkan perbaikan pada respons pengaduan, kemudahan akses, dan transparansi proses.

Dengan tingginya tingkat kepuasan mencapai tak kurang dari 85%, hasil survei ini memberikan gambaran positif tentang hubungan antara Polri dan masyarakat.

"Secara rata-rata, Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi. Tercatat sembilan dari sepuluh responden sepakat untuk menyatakan puas terhadap pelayanan yang dihadirkan Polri kepada masyarakat," tulis Litbang Kompas seperti dikutip dari detikcom, oleh Idham Khalid, Selasa (26/12/2023), pukul 09.43 WIB.

Meski ada ruang untuk perbaikan, apresiasi tinggi ini mencerminkan upaya Polri dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan transparan kepada publik. (SS)



Sumber: 
https://news.detik.com/berita/d-7108934/survei-litbang-kompas-87-8-persen-publik-puas-terhadap-kinerja-polri

Komentar