Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro Gelar Kerja Bakti Serentak di 10 Kecamatan

Sitaro, -jurnaliswarga62- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melakukan giat kerja bakti di Ulu Siau dan sekitarnya.

Kerja bakti tersebut diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Pj. Bupati Kepulauan Sitaro, Drs Joi Oroh pada pukul 07.15 Wita berlokasi di Kompleks Kedai Mahoro, depan Tugu "I Love Sitaro" Kelurahan Tatahadeng Kecamatan Siau Timur.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengingatkan tentang pentingnya menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing karena sampai saat ini (Maret 2024) kasus penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti mengalami peningkatan yang signifikan.

Masih menurutnya, diharapkan peran penting para ASN agar dapat menjadi pelopor dan corong dalam melakukan upaya-upaya pencegahan dalam melakukan 3 M (Menguras, Menutup, dan Menimbun) di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Setelah apel, para ASN yang ada segera diarahkan menuju lokasi-lokasi yang sudah dipetakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, guna melakukan kerja bakti sekaligus melakukan penelusuran jentik nyamuk agar dapat ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan dalam rangka antisipasi munculnya kasus baru DBD di lokasi tersebut.

Sebagaimana terpantau, dari arah Pelabuhan Ulu Siau yang berlokasi di Kelurahan Tatahadeng sampai di Kelurahan Bahu Kecamatan Siau Timur, para ASN bersama masyarakat dan personil TNI AD dari Koramil 1301-02 Siau dengan semangat gotong royong saling bahu-membahu melakukan kerja bakti.

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dinas Penanaman Modal dan PTSP terpantau melakukan kerja bakti di Kompleks Terminal Penumpang Ulu Siau.

Ketika ditemui, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Kepulauan Sitaro, Julin Mose, SE menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Sitaro dalam menjaga warganya dibidang kesehatan.

Lanjut menurutnya, dengan adanya kegiatan yang berdampak positif bagi warga seperti ini, tentunya lingkungan akan sehat, warga merasa nyaman untuk beraktivitas dan berusaha, serta ujungnya iklim investasi di daerah juga akan positif.

Adapun pelaksanaan kerja bakti kali ini, turut berlangsung serentak di semua wilayah kerja Kecamatan yang ada di Pulau Siau Pulau Tagulandang, dan Pulau Biaro, hal ini menunjukkan bahwa kebersihan lingkungan serta kesehatan warga adalah prioritas. (SS)

Komentar