Tindak Lanjut Penanganan Pasca Erupsi Gunung Api Ruang: Koordinasi Intensif Pemkab Sitaro, TNI-POLRI, dan Stakeholder



Tagulandang, -jurnaliswarga62- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, TNI-POLRI, serta stakeholder terkait menggelar rapat koordinasi sebagai tindak lanjut penanganan pasca erupsi Gunung Api Ruang. 

Rapat yang digelar pada Jumat (19/4/2024) pukul 08.00 Wita, yang berlokasi di depan Kantor Kampung Apengsala Kecamatan Tagulandang tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Kepulauan Sitaro, Drs. Joi Oroh didampingi oleh Danrem 131/Stg Brigjen TNI Wakhyono S.Sos.M.I.P.
 

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, diantaranya Danrem 131/Stg Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos.M.I.P, Pj. Bupati Kepulauan Sitaro Drs. Joi Oroh, Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Iwan Permadi S.E, Kasilog Kasrem 131/Stg Kolonel CPL Herry Mulyadi, Kabag Ops KOMPOL Noldy Harimu, S.Pd, dan berbagai stakeholder lainnya seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Badan Kesbangpol, Sat Pol PP dan Damkar, serta BPBD.
 

Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai isu krusial diantaranya pemenuhan hak dasar manusia, khususnya bagi mereka yang terdampak langsung bencana alam ini, dan Pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Api Ruang, seperti penyaluran melalui posko terpadu dan dapur umum.
 
Selain itu, turut dibahas perlunya melakukan pembersihan material di lokasi terdampak untuk memastikan jalur transportasi kembali lancar, sehingga distribusi logistik dapat berjalan optimal,  serta pentingnya koordinasi, komunikasi, serta kolaborasi semu pihak dalam misi kemanusiaan ini.
 
Kegiatan ini memberikan bukti nyata dari pentingnya kerjasama antar instansi dalam menangani bencana alam, dalam hal ini erupsi Gunung Api Ruang, untuk mengedepankan kepentingan masyarakat yang terdampak.
 
Pj. Bupati Kepulauan Sitaro, Drs. Joi Oroh, mengungkapkan harapannya bahwa penanganan lanjutan bencana ini akan berjalan dengan baik, mengutamakan kepentingan masyarakat, dan mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak terkait. Beliau juga berharap bahwa bantuan sosial dan penanggulangan dampak pasca-erupsi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran.
 
Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan proses pemulihan pasca-erupsi Gunung Api Ruang dapat berlangsung efektif dan efisien, memprioritaskan kesejahteraan masyarakat yang terdampak. Ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, TNI-POLRI, dan stakeholder lainnya dalam memperhatikan kesejahteraan masyarakat dalam menghadapi bencana alam. (SS)


Sumber: Humas Polres Kepulauan Sitaro 

Komentar