Kepala BNPB RI Kunjungi Pulau Siau dan Tagulandang dalam Rangka Evaluasi dan Pendistribusian Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Ruang


Sitaro, -jurnaliswarga62- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, Letjen TNI Suharyanto, beserta rombongan tiba di Pulau Siau, Sabtu (4/5/2024) menggunakan Helikopter BNPB untuk melakukan kunjungan terkait erupsi Gunung Ruang di Tagulandang. 

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kondisi terkini dan menyalurkan bantuan bagi korban erupsi gunung.
 
Kedatangan Kepala BNPB RI dan rombongan di Pulau Siau disambut oleh sejumlah pejabat daerah, diantaranya Asisten I Kabupaten Kepulauan Sitaro, Ir. Novia Tamaka, Kapolsek Siau Timur IPTU Harli Essing Buida, S.E., dan Plh Danramil 1301/02-Siau, Serma Nixon Londo.

Setibanya di Siau, rombongan selanjutnya menuju Aula Kadademahe Gereja GMIST Imanuel Ondong, sebagai salah satu tempat pengungsian masyarakat terdampak erupsi.
 

Sesampainya di Aula Kadademahe, rombongan disambut oleh Wakapolres Kepulauan Sitaro, KOMPOL R. D Ulenaung beserta beberapa Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro yang hadir.

Adapun rangkaian kegiatan selama di Aula Kadademahe diawali dengan doa oleh Ketua Jemaat GMIST Imanuel Ondong, Pdt. D.J. Walandungo, S.Th., M.Si. Kemudian, dilanjutkan dengan pengantar dan laporan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro yang disampaikan oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sekda, Ir. Novia Tamaka. 


Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto, dalam kesempatan ini, memberikan arahan kepada pengungsi dan melakukan tatap muka serta dialog singkat dengan mereka.


Sedangkan puncak acara adalah penyerahan bantuan secara simbolis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia kepada pengungsi yang ada.
 

Setelah acara di Aula Kadademahe selesai, rombongan menuju Pelabuhan Ulu Siau untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Tagulandang menggunakan Kapal SAVIRA GT.36 No. 9840/Bc. 

Kunjungan Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto, beserta rombongan di Pulau Siau dan Tagulandang merupakan upaya nyata dalam memantau dan mengevaluasi situasi pasca-erupsi Gunung Ruang, serta menyalurkan bantuan yang diperlukan kepada masyarakat yang terdampak. 

Dengan adanya kunjungan dan bantuan ini, diharapkan proses pemulihan dan rehabilitasi dapat berjalan lebih efektif dan masyarakat dapat segera pulih dari dampak bencana tersebut. (SS)
 


Sumber: Humas Polres Kepulauan Sitaro 

Komentar